Biro Administrasi Keuangan

Universitas Muhammadiyah Surabaya

URAIAN TUGAS BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

KEPALA BIRO

  1. Bersama Wakil Rektor II menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja Universitas.
  2. Pengajuan anggaran rutin.
  3. Kepala Biro Keuangan bertanggung jawab secara menyuluruh terhadap semua aktifitas yang berlangsung di Biro Keuangan.
  4. Menerjemahkan seluruh kebijakan ataupun putusan Pimpinan Universitas yang berkaitan dengan pengeluaran Keuangan Universitas.
  5. Meneruskan dan mengesahkan semua perintah Pembayaran dari Pimpinan Universitas Muhammadiyah berkaitan dengan kegiatan masing-masing Unit dan atau Kegiatan yang bersifat individu kepada urusan pembayaran, pencatatan dan arsip.
  6. Mengajukan permintaan pengeluaran cek dari Wakil Rektor II berdasarkan pengajuan.
  7. Mengawasi dan memeriksa seluruh bukti-bukti pengeluaran dari urusan pembayaran, pencatatan, dan arsip.
  8. Menyusun rencana-rencana kerja baik untuk jangka pendek, menengah, ataupun panjang.
  9. Menyetujui dispensasi pembayaran keuangan mahasiswa.

BIDANG AKUNTANSI

  1. Bertanggung jawab secara menyuluruh terhadap semua proses pencatatan baik penerimaan maupun pengeluaran keuangan Universitas.
  2. Membuat laporan keuangan secara periodik (bulanan) dari seluruh aktivitas Universitas.
  3. Menginput seluruh bukti-bukti pengeluaran keuangan buku besar dan kas kecil sebelum di arsip
  4. Mencatat arus cash flow di bagian biro keuangan
  5. Menginput data rekapitulasi kewajiban mahasiswa tiap periodik.
  6. Merekap rekening Koran tiap bulan semua bank.
  7. Menginput pencatatan baik penerimaan dan pengeluaran ke program.
  8. Melaporkan laporan keuangan kepada Kepala Biro.
  9. Membayar dan melaporkan pajak.
  10. Merekap dan mengsinkronisasi pembayaran mahasiswa anatara data Bank dengan Biro Keuangan.
  11. Menyusun laporan mingguan dan laporan bulanan.
  12. Pendampingan Sistem Informasi Keuangan Pembayaran Mahasiswa.

BIDANG BENDAHARA

  1. Bertanggung jawab secara menyuluruh terhadap semua proses pembayaran, pencatatan, dan pengarsipan terhadap semua aktivitas pembayaran yang dilakukan di Biro Keuangan.
  2. Melakukan pembayaran terhadap semua permohonan pembiayaaan yang telah disetujui oleh Pimpinan Universitas.
  3. Melakukan semua pencatatan terhadap semua bukti pengeluaran keuangan Universitas.
  4. Melakukan pengarsipan terhadap semua bukti pengeluaran yang telah dicatat dan diinput sesuai jenis dan kelompok arsip masing-masing.
  5. Melakukan pemotongan gaii atas kewajiban karyawan.
  6. Membuat bukti tanda terima penyerahan cek atas payroll karyawan ke Bank

BIDANG ADMINISTRASI KEUANGAN MAHASISWA

  1. Menginput data kewajiban pembayaran mahasiswa ke program SiKeu.
  2. Mengedit/mengoreksi data pembayaran keuangan mahasiswa.
  3. Melakukan pelayanan terhadap seluruh mahasiswa yang membutuhkan keterangan tentang keuangan mahasiswa.
  4. Memverifikasi surat permohonan penundaan pembayaran mahasiswa.
  5. Meloloskan KRS mahasiswa setelah mendapatkan surat disposisi dari Wakil Rektor II.
  6. Melakukan pelayanan terhadap seluruh mahasiswa yang membutuhkan keterangan tentang keuangan.
  7. Membuat laporan penerimaan keuangan mahasiswa dalam suatu periode pembayaran.
  8. Membuat rekapitulasi piutang pembayaran mahasiswa.
  9. Membuat Surat Keterangan Mengikuti Wisuda, Mengambil Ijazah, Cuti Kuliah, Aktif Kuliah Kembali, Pindah/Keluar.
  10. Melayani Pengurusan Beasiswa Mahasiswa.
  11. Mencocokkan slip dengan rekening Koran.
  12. Membuatkan slip pengganti.
  13. Membuat laporan mingguan.
  14. Pelayanan pembayaran mahasiswa pascasarjana.
  15. Pelayanan pembayaran mahasiswa progsus.
  16. Menyusun laporan mingguan dan laporan bulanan.
  17. Mendistribusikan laporan bulanan ke urusan pelaporan akuntansi dan keuangan.
  18. Mengarsip slip pembayaran mahasiswa.
  19. Mengarsip rekening bulanan dari bank dan laporan bulanan.